Hari Ini : Sabtu Pon, 24 Oktober 2020 Sekarang Jam : 13:08:36
Guru Berbagi : Situs Pembelajaran Online Guru dan Peserta Didik
Lokasi : SLEMAN, YOGYAKARTA, Pengiriman berita : Sabtu,11 April 2020 08:00 AM

KegiatanSleman – Kondisi negara yang masih bersitegang dengan pandemi corona hingga saat ini menyebabkan perubahan pola hidup masyarakat Indonesia dalam segala aktivitasnya. Salah satunya ialah perubahan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) disemua jenjang pendidikan, yang mengharuskan seluruh pelaku dunia pendidikan melangsungkan KBM secara daring (online) di rumah masing-masing.

Beragam aplikasi online sengaja diciptakan guna mempermudah guru beserta peserta didik melakukan proses KBM. Mulai dari Rumah Belajar, QuiperSchool, Kelas Pintar, Microsoft Office365, ruangguru_, Zenius Education, dan Sekolahmu. Baru-baru ini , Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI meluncurkan sebuah situs online bernama Guru Berbagi. Situs ini merupakan bentuk peran serta Kemendikbud RI membantu sekolah-sekolah di Indonesia agar dapat dengan mudah melangsungkan pembelajaran jarak jauh yang mengandalkan pemanfaatan teknologi.

Dilansir dari website Kemendikbud RI,Jumat (3/04/2020), Supriano selaku Plt. Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt. Dirjen GTK), mengatakan bahwa “Masih banyak guru yang belum terbiasa dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh, adapun sebagian sudah melek teknologi tetapi belum memiliki praktik baik dalam pembalajaran jarak jauh” pungkasnya.

Proses pemanfaatan teknologi untuk pendidikan saat ini merupakan suatu tantangan baru, sebab pengimplemantasiannya tentulah berbeda dari metode pada umumnya. Ketidak terbiasaan terhadap belajar daring merupakan salah satu tantangan baik guru maupun peserta didik kala ini, sebab dengan menggunakan aplikasi daring tentunya guru dan peserta didik tidak dapat berinteraksi secara langsung. Bagimanapun proses belajar tidak boleh berhenti, menanggapi hal tersebut meluncurkan laman Guru Berbagi yang beralamatkan https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/ .

Kemendikbud dalam hal ini menggandeng seluruh tenaga pendidik di Indonesia, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk berkolaburasi menyukseskan proses pembelajaran jarak jauh melalui laman Guru Berbagi ini.

Terdapat tiga fitur yang diberikan laman Guru Berbagi kepada pengguna, yatu Rancangan Program Pembelajaran (RPP), Artikel, dan terakhir ialah Aksi. Fitur RPP merupakan laman bagi para pengguna untuk mengunggah juga mengunduh secara gratis beragam rancangan program pembelajaran buatan masing-masing praktisi pendidikan. Kemudian fitur artikel adalah laman yang berisikan berbagai refrensi tips serta bacaan terkait pembelajaran jarak jauh. Selanjutnya fitur aksi berisikan jadwal kegiatan berbagi dan belajar bersama secara daring oleh komunitas dan guru yang telah dipilih guna meningkatkan kemahirannya dalam pembelajaran jarak jauh.

Laman ini bersifat duah arah untuk saling bahu-membahu, yang mana guru dapat berbagi antar sesama guru lainnya, juga bagi para peserta didik. Dengan demikian dapat memudahkan kedua pihak melaksanakan proses belajar mengajar yang menyenangkan sekaligus kreatif. Sesuai dengan tagline yang diusung laman ini yakni “ Guru Berbagi Gerakan Gotong Royong Guru Berdaya Hadapi Korona”. (blq) sumber : https://disdik.slemankab.go.id/guru-berbagi-situs-pembelajaran-online-guru-dan-peserta-didik/

   

INFORMASI CORONA
BERITA HOAX
PRESTASI TK DAN SD MODEL

ANDA PENGUNJUNG KE
Pengunjung Website TK dan SD Model Kabupaten Sleman
PENCARIAN CEPAT
MARI BELAJAR

AGENDA TERBARU

LINK TERKAIT